Saturday, April 13, 2013

Jiraiya

Jiraiya
Ero Sennin sebutan khas buat Jiraiya. Mengapa tidak? Naruto aja bilang begitu. Jiraiya adalah seorang karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Nama kanjinya (自来也) memiliki arti "datang karena keinginan sendiri", yang banyak digambarkan oleh kelakuannya; datang dan menghilang dari desa Konoha secara tiba-tiba kapan saja ia mau.
Jiraiya memiliki karakteristik yang unik dan mencolok. Dengan mudah orang bisa mengenalinya. Rambut putihnya yang amat panjang dan mirip duri, mukanya yang dicat seperti pementas kabuki dan badannya yang besar, serta kelakuannya yang super mesum dengan mudah dikenali semua orang. Badannya besar dan tinggi, sehingga ia mudah dikenali jika berdiri diantara orang-orang.
Jiraiya adalah salah satu Sannin Konoha bersama Orochimaru dan Tsunade, Gelar tersebut didapatnya karena berhasil bertahan dari perang besar melawan Hanzo. Kemampuannya sangat dihormati oleh para ninja Konoha, sehingga Orang-orang memanggilnya dengan Tuan Jiraiya. Jiraiya merupakan murid dari Hokage 3, Hiruzen Sarutobi, Sifatnya bisa dibilang sama dengan Naruto waktu itu, ketika mereka berlatih mengambil lonceng dari Hiruzen, Jiraiya lah yang diikat di tiang, sama seperti Naruto. Jiraiya menguasai banyak jutsu, baik Ninjutsu, Genjutsu, Taijutsu, bahkan Fuinjutsu. 
Jiraiya juga senang menulis buku, salah satunya Novel dewasa "Icha-Icha Paradise" yang biasa dibaca Kakashi, dan buku pertamanya adalah "Kisah Ninja Pemberani" yang terinspirasi dari kata-kata Nagato, yaitu "Jika kedamaian memang ada, maka aku akan mencarinya sendiri, Aku tak akan menyerah", Tokoh utama Buku itu adalah Naruto yang namanya dia dapat ketika sedang makan mie ramen. Buku itulah yang meluluhkan Hati Nagato, dan berbalik Menolong Naruto untuk menghidupkan orang-orang yang telah Nagato bunuh. Jiraiya memiliki Misi untuk menciptakan Kedamaian, dan mewariskan tekadnya kepada murid-muridnya meskipun dia sendiri tidak mampu mewujukannya.
Saat menjadi Jonin, Jiraiya memiliki murid yaitu, Minato Namikaze dan 2 orang yg tidak diketahui namanya, Jiraiya menyebut Minato memiliki Bakat yang luar biasa karena dia mampu menguasai berbagai jurus dan juga mampu menciptakan Jutsu2 kelas tinggi seperti Rasengan dan Hiraishin no Jutsu, Rasengan kemudian di ajarkan kepada Jiraiya oleh Minato, dan kini Jiraiya mengajarkannya kepada Naruto. Jiraiya juga memberikan Kuchiyose katak kepada Minato. 
Jiraiya juga memiliki Murid dari Amegakure yaitu, Yahiko, Nagato dan Konan. Saat Jiraiya sedang beristirahat seusai bertarung, mereka bertiga datang dan ingin berguru, namu Orochimaru mengatakan agar membunuh mereka karena anak-anak korban perang tidak akan menyisakan apa2 selain penderitaan, namun Jiraiya menolak dan memutuskan untuk menjaga mereka sampai mereka cukup kuat untuk bertahan sendiri, Pemikiran Jiraiya berubah untuk mengajari mereka Ninjutsu saat dia melihat Rinnegan Nagato, Nagato mampu melakukan kelima perubahan jenis cakra dalam usianya yang masih muda. 
Jiraiya mengatakan pada Nagato bahwa dia bisa saja sang pertapa yg dilahirkan kembali, dengan Itu Jiraiya mewariskan tekadnya dalam mencari kedamaian pada Mereka. Jiraiya mengajari mereka selama 3 tahun dan kemudian meninggalkan mereka. Dan kemudian murid terakhirnya adalah Uzumaki Naruto, anak dari muridnya Minato. Jiraiya pertama muncul saat Naruto belajar mengendalikan cakranya bersama Ebisu, Saat Jiraiya melihat segel lima jari di perut Naruto, Jiraiya tahu bahwa itu perbuatan Orochimaru dan kemudian melepaskannya, sejak itu Jiraiya mengangkat Naruto sebagai muridnya, Jiraiya kemudian mengajarkan Naruto Jurus Kuchiyose katak miliknya dan Rasengan. setelah pertarungan Naruto dan Sasuke, Jiraiya kemudian mengajaknya berlatih bersamanya dan meninggalkan desa selama 3 Tahun, selama itu Jiraiya sempat mencoba mengajarkan Naruto mengendalikan Cakra Kyuubi, namun gagal dan Jiraiya justru terluka di dadanya.
Selama ini Jiraiya tidak berada di Konoha, dia mengatakan pada kakashi bahwa dia menyelidiki tentang Organisasi Akatsuki, dan menduga bahwa Orochimaru juga pernah menjadi anggotanya, setelah mengajari Naruto selama 3 Tahun dan kembali ke desa, kemudian Jiraiya kembali menitipkan Naruto kepada Kakashi. Jiraiya pergi kembali melanjutkan penyelikannya terhadap Akatsuki. Sebelum berangkat jiraiya dan tsunade berbicara di taman, dan melakukan taruhan keselamatan dirinya, Jiraiya kemudian mengetahui lokasi pemimipin akatsuki yaitu Pain di amegakure dan melakukan misi penyusupan, jiraiya berhasil melakukan penyusupan dan menangkap 2 ninja amegakure untuk di interogasi, jiraiya kaget mendengar kabar kematian hanzo yang di bunuh pain, kemudian jiraiya berniat menjebak pain dan bertemu konan. 
Disanalah dia menyadari bahwa ternyata Pain itu adalah Nagato muridnya dulu, namun dia masih belum menyadari bahwa itu hanyalah Mayat, Jiraiya bertarung dengan Pain Chikusodo, Ningendo dan Gakido, pertarungan mereka sangat sengit hingga Jiraiya harus menggunakan Sennin Mode dan memanggil tetua katak Fukasaku dan Fukushima. stelah membunuh mereka Jiraiya berpikir bahwa itu sudah selesai, namun Jiraiya dikejutkan dengan Pain Shurado yang menyerang dari belakang hingga sebelah lengannya putus. ketika melihat ke enam Pain dan melihat Pain Tendou, jiraiya dibuat bingung karena wajahnya mirip dengan Yahiko, saat itu Jiraiya teringat akan wajah semua Pain itu ternyata adalah ninja-ninja yang pernah bertarung dengannya. Jiraiya berhasil membunuh Pain Chikusodo yg dia jerat di dalam perut katak, kemudian Jiraiya meminta Fukushima untuk pergi dan membawa mayat Pain tersebut ke Konoha, sedangkan dia dan Fukasaku kembali bertarung, namun Jiraiya yg sudah terdesak tercekik lehernya oleh Pain Shurado hingga tenggorokannya hancur, dan akhirnya Pain lainnya menusuk punggungnya.
Sebelum akhir hayatnya jiraiya sempat menuliskan kode tentang pain di punggung Fukasaku karena dia sudah tidak bisa berbicara lagi. Pain yang mengetahui jiraiya masih hidup diserang oleh Pain Shurado dan kemudian tenggelam. 
Info
- Afiliansi : Konohagakure
- Tingkatan Ninja : Sannin
- Tanggal Lahir : 11 November
- Umur : 50-51 (Naruto), 53 (Naruto Shippuden) , Sekarang Mendiang
- Golongan darah : B
- Warna mata : Hitam
- Warna rambut : Putih
- Berat badan : 87,5 kg
- Tinggi badan : 191,2 cm
- Elemen : Katon (Api) , Doton (Tanah)
- Tim : Tim Hiruzen, Tim Jiraiya
- Jabatan : Penulis buku juga
- Keluarga : Naruto Uzumaki 
Debut
- Manga Chapter 90
- Anime Naruto Episode 52
- Naruto Shippuden Movie 2: Bonds 
Pengisi Suara 
- English : David Lodge , Brad MacDonald (Jiraiya Kecil)
- Jepang : Hochu Otsuka , Toru Nara (Jiraiya Kecil)  
Jutsu 
- Rasengan 
- Cho Odama Rasengan
- Kuchiyose no Jutsu
- Kuchiyose Yataikuzu No Jutsu (Jurus Penghancur Gedung)
- Gogyu Kaiin (Pelepas Segel Lima Jari)
- Doton : Yominuma
- Katon : Endan (Peluru Api)
- Katon : Daiendan (Elemen Api : Peluru Api Besar)
- Katon : Gamayuendan (Elemen Api : Peluru Api Minyak Katak)
- Gamaguchi Shibari (Ikatan Mulut katak)
- Fuuin Jutsu : Fuuka Hoin (Segel pengikat Api)
- Kirijizou (Patung Jarum)
- Kaeru Kaeru No Jutsu (Jurus Mengubah Menjadi Katak)
- Gamadaira Kageayatsu No Jutsu (Jurus Pengendali Bayangan Katak)
- Gamayudan (Bola Minyak Katak)
- Ranjishigami No Jutsu (Jurus Amukan Surai Singa)
- Kekkai Senjutsu (Pelindung Senjutsu)
- Tanchi Kekkai (Kekkai Pendeteksi)
- Senpou : Goemon (Teknik Sage : Lima Gerbang Pelindung)
- Senpou : Kebari Senbon (Seribu Jarum Rambut)
- Kanashibari No Genjutsu (Genjutsu Pengikat)
- Kekkai : Gama Hyoro : (Teknik ini digunakan untuk menangkap dan mengisolasi korban dengan menyeret mereka ke dalam perut kodok)
- Gamagakure no Jutsu ( memanggil sebuah Katak Penyelam khusus dari Gunung Myōboku dan menyembunyikan di dalam perutnya)

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat berharga bagi kami

Powered by Blogger.